Boleh Ngga Sih Memakai Celak Di Bulan Ramadhan?

Berhias bagi kita kaum wanita merupakah ibadah, selama hal itu dilakukan bukan untuk kemaksiatan dan bagi anti yang sudah berkeluarga tentunya untuk sang suami tercinta. Nah, salah satu aksesoris dalam berhias yang femilier bagi kita adalah celak. Siapa sih yang tidak kenal dengan alat kosmetik yang satu ini. Celak sering sekali kita gunakan, baik untuk alis maupun untuk memperindah mata kita. Namun bolehkan memakai celak di siang hai di bulan Ramadhan?

Untuk menjawab perkara ini, Asy-Syaikh Al-'Allamaah 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz rohimahulloh memberikan fatwanya akan pertanyaan ini.

Tanya:
“Apa hukum menggunakan celak di siang hari di bulan Ramadhan sebagian alat make-up bagi wanita? Apakah ini membatalkan puasa atau tidak?"

Jawaban :
Memakai celak di siang hari di bulan Ramadhan tidak lah membatalkan puasa wanita yang memakainya dan tidak pula bagi laki-laki sesuai pendapat yang paling benar dari dua pendapat ulama secara mutlak. Akan tetapi menggunakannya di malam hari itu lebih baik bagi orang yang berpuasa.

Demikian juga apa-apa yang biasa dijadikan sebagai menghias wajah dari sabun dan minyak wangi dan yang lainya yang berkaitan dengan kulit luar. Termasuk juga inai (pacar), make up dan yang serupa dengannya. Semuanya diperbolehkan bagi orang yang berpuasa. Namun tidak sepantasnya menggunakan make up apabila hal itu membahayakan (merusak) wajah.
Majmu' Al-Fataawa [15/259]

Share artikel ini:

Posting Komentar

 
Copyright © Berlomba Dalam Kebaikan Islam dan Sunnah - Designed by OddThemes