Ternyata Sifat Istri Sholihah itu Terdapat Di Dalam Ayat ini

Istri yang sholihah adalah dambaan setiap wanita muslimah, baik yang belum menikah, apalagi yang sudah bersuami. Dan ciri-ciri dari sifat wanita sholihah itu dijabarkan Alloh subhanahuwata'ala di dalam salah satu firman-Nya. Mau tahu di surat apa? Yah, benar... di surat At-Tahrim ayat ke 5. Begini bunyinya:

Allah ﷻ berfirman :

عَسَى رَبُّهُ إِنْ طَلَّقَكُنَّ أَنْ يُبْدِلَهُ أَزْوَاجًا خَيْرًا مِنْكُنَّ مُسْلِمَاتٍ مُؤْمِنَاتٍ قَانِتَاتٍ تآئِبَاتٍ عَابِدَاتٍ سآئِحَاتٍ ثَيِّبَاتٍ وَأَبْكَارًا .
( سورة التحريم : ٥ )

"Jika sampai Nabi menceraikan kalian, mudah-mudahan Rabbnya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian, muslimat, mukminat, qonitat, taaibat, ‘aabidat, saa-ihat dari kalangan janda ataupun gadis."
(Qs. At-Tahrim: 5)

Dalam ayat yang mulia diatas disebutkan dengan jelas beberapa sifat istri yang shalihah. Mari kita bahas satu per satu sebagai berikut:

1. Muslimat

Kata Muslimat disini bermakna wanita-wanita yang ikhlas kepada Allah ﷻ, tunduk kepada perintah Allah ﷻ dan perintah Rasul-Nyaﷺ .

2. Mukminat

Kata Mukminat disini bermakna wanita-wanita yang membenarkan perintah dan larangan Allah ﷻ .

3. Qonitat

Lalu apa makna dari kata "Qonitat"? Maknanya tidak lain adalah wanita-wanita yang taat.

4. Taaibat

Begitu juga dengan kata "Taa-ibat" yang bermakna wanita-wanita yang selalu bertaubat dari dosa-dosa mereka, selalu kembali kepada perintah (perkara yang ditetapkan) Rasulullah ﷺ walaupun harus meninggalkan apa yang disenangi hawa nafsu mereka.

5. 'Aabidat

'Aabidat adalah wanita-wanita yang banyak melakukan ibadah kepada Allah ﷻ dengan mentauhidkan-Nya karena semua yang dimaksud dengan ibadah kepada Allah ﷻ di dalam Al-Qur’an adalah tauhid.

6. Saa-ihat

Dan yang terakhir adalah "Saa-ihat" yang bermakna wanita-wanita yang berpuasa.
(Sebagaimana yang terdapat di dalam Al-Jami‘ li Ahkamil Qur’an 18/126-127, Tafsir Ibnu Katsir 8/132)

Dengan penjabaran di dalam surat At-Tahrim ayat 5 ini menjadi jelaslah bagi kita akan sifat-sifat mulia yang diinginkan Alloh 'azzawajalla kepada kita kaum muslimah, agar kita berlomba-lomba dalam menanamkan sifat-sifat mulia ini ke dalam diri-diri kita.

Share artikel ini:

1 komentar :

 
Copyright © Berlomba Dalam Kebaikan Islam dan Sunnah - Designed by OddThemes